fbpx

Perlukah Mempertimbangkan Passion dalam Memilih Pekerjaan

Pernah gak sih kalian suka mengeluh dan merasa terbebani saat melakukan pekerjaan bahkan membuat hasil kerja kalian juga kurang optimal? Padahal kalian sudah merasa cukup dengan gaji yang didapatkan serta berada di lingkungan kerja yang saling mendukung. Lalu masalahnya apa ya?

Topik memilih pekerjaan yang cocok selalu mejadi perdebatan yang menarik bagi para pekerja maupun para pencari kerja. Mereka biasanya dihadapkan oleh dua pilihan dilematis yakni bekerja sesuai dengan passion atau bekerja dengan gaji yang besar. Tidak sedikit orang yang mengesampingkan passion untuk mendapatkan gaji yang besar yang memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sebenarnya pilihan tersebut tidak salah, selagi kalian tetap bertanggung jawab untuk pekerjaan tersebut. Namun akan menjadi masalah ketika kalian melihat pekerjaan itu sebagai beban dan tidak merasa nyaman dalam bekerja. Kondisi ini akan membuat kalian stuck dan pada akhirnya kalian tidak bisa memenuhi harapan perusahaan. Akibatnya akan mempengaruhi keberlangsungan karier kalian. Sayang banget kan?

Jangan khawatir, kondisi seperti di atas tidak akan terjadi jika kalian menjadikan passion sebagai pertimbangan untuk memilih pekerjaan selain dari gaji itu sendiri.

Menurut Covey, Passion merupakan keinginan yang membara, keyakinan kuat serta dorongan yang dapat membuat seseorang menjadi disiplin untuk mencapai visinya. Secara umum Passion adalah gairah untuk melakukan aktivitas dengan keyakinan penuh dan menikmati suatu pekerjaan.

Jadi diibaratkan sebuah mobil, passion ini adalah bahan bakar untuk mobil tersebut. Bayangkan kalian memiliki mobil sport namun bahan bakarnya diisi dengan pertalite, tentu mobil tersebut masih bisa jalan tapi tidak akan bisa maksimal.

Sebagian orang berpikiran passion tidak jangka panjang dan hanya sesaat. Namun kembali pada pengertian passion yang terdapat kata kunci keyakinan penuh. Jadi ibarat bensinnya mulai habis, ya harus diisi lagi karena yakin bensin itu yang paling cocok untuk mobilnya. Begitu pula bekerja dengan passion, selalu ada cara untuk bertahan melewati segala hambatan dan tetap merasa menikmati pekerjaan tersebut.

Gimana? sejauh ini sudah menemukan insight dari bahasan di atas? Eits..tapi tunggu dulu, masih ada poin-poin penting yang makin memperjelas pentingnya passion dalam memilih pekerjaan.

Pentingnya passion untuk pekerjaan:

  • Passion¬†bikin kamu fokus dalam bekerja!

Bekerja dengan passion membuat kalian lebih perhatian pada setiap detail pekerjaan, sehingga tidak ada ruang tersisa untuk gangguan-gangguan dalam bekerja.

  • Passion¬†bikin kamu kreatif!

Bekerja dengan passion membuat kalian lebih mencintai pekerjaan tersebut. Kalian berusaha untuk melakukan pembaharuan-pembaharuan dari pekerjaan tersebut dengan ide yang inovatif.

  • Passion¬†membuat mu cepat berkembang di tempat kerja!

Memiliki gairah untuk melakukan pekerjaan akan membuat kalian termotivasi untuk menjadi unggulan dalam bidang pekerjaan yang kalian idamkan. Hal ini sangat baik untuk keberlangsungan karier kalian di masa selanjutnya.

  • Passion¬†membuat mu disegani oleh rekan kerja dan pimpinan kalian!

Gairah dan antusiasme dalam suatu pekerjaan akan membuatmu senang bekerja bahkan berusaha untuk melebihi standar yang seharusnya. Hal ini dalam rangka memberikan kontribusi lebih bagi perusahaan. Atas hasil kontribusi itu kalian pasti akan disegani rekan kerja bahkan oleh pimpinan.

Kesimpulan

Nah begitu tadi ulasan tentang pentingnya mempertimbangkan passion dalam memilih pekerjaan. Ternyata sebegitu pentingnya mempertimbangkan passion dalam memilih pekerjaan yang cocok ya? Jadi kira-kira pekerjaan kalian saat ini sudah mempertimbangkan passion atau belum ?

Bagi kalian yang masih bingung apakah kalian sudah bekerja sesuai passion atau belum, kalian bisa melakukan konsultasi di Quantum Edukasindo Paradigma yang merupakan biro psikologi yang sudah berpengalaman untuk memberikan arahan karier pekerja. Melalui program coach career yang diselenggarakan Quantum Edukasindo Paradigma, akan membuat kalian semakin memahami passion kalian dalam bekerja. Dengan memahami passion diri maka akan mengarahkan kalian menuju karier yang gemilang. Selain itu, Quantum Edukasindo Paradigma juga menyediakan berbagai layanan psikologis yang membantu untuk mengembangkan dan mengenali potensi diri, seperti tes IQ online, tes minat dan bakat, tes kepribadian, dan coach career.

Credit to : 

PT Quantum Edukasindo Paradigma

Partner of Connectpedia

Related Posts

No results found.

Menu