fbpx

Tour & Travel Business Moving Amid the Next Normal

Artikel Bisnis

Ricky Hilton, merupakan Head of Marketing Communication, memiliki tanggung jawab dalam merencanakan dan memformulasikan  strategi, menghasilkan brand guidelines, maintain media relation dan berbagai aktivitas  komunikasi lainnya. 

Di masa pandemi Covid-19, banyak sekali bisnis-bisnis yang mengalami penurunan dalam penjualan, terutama pada sektor pariwisata. Dampak dari pandemi tentunya menyebabkan sektor yang bergerak dalam bidang industri pariwisata kian merugi dikarenakan pemberlakuan pembatasan social distancing dan regulasi yang dilakukan. Bahkan sebanyak 70% Sektor Industri Pariwisata banyak terancam gulung tikar. Untuk mengatasi permasalahan ini dan mempertahankan usaha dalam bidang industri pariwisata, hal yang harus diperhatikan menurut mereka berdua adalah dengan melakukan transformasi bisnis dan menyusun strategi yang tepat. 

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam melakukan strategi untuk bertahan dalam era pandemi adalah Mitigasi atau pencegahan sejak dini.  Mitigasi perlu dilakukan untuk meminimalkan resiko sehingga dapat dilakukan pengoptimalisasian dari sisi efisiensi dan produktivitas.  Hal kedua yang perlu diperhatikan ialah Focus On Customer. Menurut mereka berdua, sudah seharusnya tiap perusahaan memfokuskan diri kepada konsumen sebagai fokus utama dengan memprioritaskan keselamatan dan kesehatan dari konsumen, sehingga dengan tidak langsung kita bisa mendapatkan trust dari konsumen. 

Hal ketiga yang perlu dilakukan ialah dengan melakukan monitoring dan update secara berkala, harus selalu melakukan korespondensi, berkomunikasi dengan mitra bisnis, dan memberikan update berita terbaru mengenai perkembangan yang ada guna memastikan kenyamanan dari customer. Hal keempat adalah dengan selalu menjalin komunikasi kepada customer dengan melakukan Instagram Live, Webinar, Virtual Travel Fair, sedemikian dengan dilakukan sesi interaksi secara online kepada konsumen, mereka menjadi tahu berita informasi mengenai destinasi wisata yang aman sekaligus menjaga relasi dengan customer.

Terkait dalam strategi pengembangan local event dalam Industri Pariwisata, kita harus mampu bersinergi dengan pemerintah setempat dan komunitas agar mereka siap menerima para wisatawan yang akan mengunjungi lokasi tersebut. Perlu dilakukan Kolaborasi Digitalisasi dengan desa wisata untuk menumbuhkan local event dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan mengemasnya dalam bentuk virtual sebagai solusi untuk memberikan impact bagi local community yang akan disasar. Dalam pemilihan partner, harus dipilih yang mampu mengikuti standarisasi yang digunakan pemerintah untuk protokoler kesehatan. Terkait strategi pemasaran secara virtual, kita perlu memberikan inspirasi dan gairah dari calon wisatawan dengan memberikan teaser berupa gambar dan video serta harga spesial. Kita perlu membangun inspiration dan dreams kepada calon wisatawan.

Related Posts

No results found.

Menu