fbpx

Memahami Sistem Kerja di Masa Post Pandemic

Artikel Bisnis

Pandemi Covid-19 telah membuat perubahan dalam sistem kerja bagi industri organisasi di seluruh dunia. Setiap perusahaan, pimpinan serta karyawan dituntut menghadapi era baru untuk tetap menjalankan pekerjaan di tengah kondisi yang sulit diprediksi. Banyak perusahaan yang pada akhirnya dipaksa untuk menyesuaikan kembali sistem kerja mereka agar tetap efisien dengan kondisi yang banyak berubah karena pandemi. Bagaimana dengan sistem kerja di tempat Anda?

Sistem kerja yang paling banyak dibahas pada masa pandemi adalah WFH, yaitu sistem kerja dari rumah. Namun tahukah Anda, bahwa trend bekerja saat ini tengah tertuju pada 3 jenis sistem kerja. 3 jenis sistem kerja ini adalah Remote Work, Hybrid Workplace dan Onsite Work. Ketiganya memiliki perbedaan cara bekerja serta kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Remote Work

Remote Work adalah jenis pekerjaan yang bisa dilakukan atau diselesaikan tanpa harus pergi ke tempat kerja atau kantor. Remote work atau yang dikenal dengan istilah Work From Home (WFH) di masa pandemi ini, menjadi salah satu sistem kerja yang banyak diincar oleh para pencari kerja, sebab muncul kenyamanan dan fleksibilitas dalam menentukan tempat bekerja.

Kelebihan Remote Work:

  • Adanya keseimbangan yang terjaga antara urusan pekerjaan dan hidup atau¬†work-life balance.
  • Remote Worker¬†memiliki kecenderungan untuk meningkatkan produktivitas pekerjaannya karna efisiensi yang dapat dioptimalkan.
  • Pengeluaran pun bisa ditekan dan dialihkan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Kekurangan Remote Work:

  • Rentan munculnya miskomunikasi atau poin-poin yang tidak tersampaikan dengan baik karena pertemuan yang harus dilakukan secara daring.
  • Tanpa disadari, fleksibilitas yang diberikan membuat banyak orang kesulitan untuk mengatur jam kerja yang mengakibatkan bercampurnya antara waktu pribadi dan waktu bekerja.
  • Akan lebih banyak distraksi yang muncul saat bekerja dari rumah apalagi jika Anda sudah berkeluarga, Banyak hal yang dapat mengganggu fokus Anda seperti mengurus anak, pekerjaan rumah yang mendadak muncul, atau suahnya membagi waktu berkumpul bersama keluarga.
Onsite Work

Onsite Work atau bekerja di kantor adalah sistem kerja biasa yang dominan dilakukan sebelum pandemi berlangsung. Onsite Work juga memang masih dilakukan pada masa pandemi ini, khususnya bagi pekerja administratif juga pekerja esensial lainnya. Dengan berbagai aturan yang ketat onsite worker menjalankan aktivitas seperti biasa dengan protokol kesehatan yang tinggi.

Kelebihan Onsite Work:

  • Terjaganya stabilitas perusahaan.
  • Efisiensi produksi atau capaian perusahaan dapat terkontrol.
  • Komunikasi langsung dapat meminimalkan kesalahpahaman.

Kekurangan Onsite Work:

  • Risiko yang tinggi bagi kesehatan fisik dan mental¬†onsite worker.
  • Akomodasi perusahaan lebih tinggi dalam menunjang sistem kerja yang kondusif.
  • Diperlukan sistem keamanan berlapis dalam menjalankan protokol di masa pandemi.
Hybrid Workplace

Hybrid Workplace pada dasarnya adalah penggabungan antara WFH atau remote work dengan onsite work. hybrid workplace telah diterapkan berbagai perusahaan kelas dunia. McKinsey survey of executives pada perusahaan global memprediksi bahwa 9 dari 10 perusahaan di dunia akan menggabungkan sistem onsite work dengan remote work. Perusahaan yang menerapkan hybrid workplace akan membagi antara pekerja yang bekerja secara langsung di kantor dengan yang bekerja di luar kantor untuk menjaga produktivitas perusahaan.

Kelebihan Hybrid Workplace

  • Produktivitas dapat terjaga dengan mengandalkan pembagian pekerjaan yang efektif.
  • Akomodasi karyawan tidak memberatkan perusahaan dengan menjaga pengeluaran biaya fasilitas.
  • Salah satu survei dari Monkey tahun 2020 menunjukkan bahwa tingkat kebahagiaan¬†Hybrid Worker¬†lebih bahagia dalam aspek psikologis serta pengembangan karier.

Kekurangan Hybrid Workplace

  • Diperlukannya regulasi atau kebijakan perusahaan dalam penentuan pekerja di kantor dengan yang di luar kantor.
  • Risiko kelelahan dapat terjadi dalam kasus ke-tidakjelasan waktu kerja bagi¬†hybrid worker.
  • Risiko konflik internal sebagai akibat pembagian jadwal yang tidak adil dan berpihak oleh manajemen perusahaan.
Kesimpulan

Sistem kerja merupakan salah satu hal yang menjadi faktor kesuksesan karier Anda. Bila sistem kerja tempat Anda berkarir tidak sesuai dengan diri Anda maka kesejahteraan psikologis serta kesuksesan Anda menjadi sulit terkontrol. Terlebih lagi, post pandemic kian dekat dan perubahan-perubahan dalam sistem kerja sebaiknya dapat menjadi perhatian Anda.

Dengan banyaknya kebingungan Anda mengenai dunia kerja serta potensi pertumbuhan karier Anda, Quantum Edukasindo Paradigma dapat melayani Anda dengan coach bimbingan karier, tes eksplorasi karier, tes kepribadian, hingga pelatihan dan pengembangan SDM.

 

 

Credit to : 

PT Quantum Edukasindo Paradigma

Partner of Connectpedia

Related Posts

No results found.

Menu