fbpx

MEA : THE RISE OF LOCAL BRAND

Artikel Bisnis

Era konektivitas di zaman sekarang adalah segalanya, begitu pula dengan brand . Brand building zaman dahulu tidak secepat zaman sekarang. Brand di zaman sekarang sangat erat hubungan dengan dunia online yang sangat dinamis oleh sebab faktor kebiasaan dan perilaku manusia pada zaman sekarang. Semakin mudahnya akses terhadap internet, dan maraknya media sosial membuat banyak bermunculan brand-brand lokal yang menawarkan hal-hal yang baru, yaitu “Kekinian” dan “Berbeda” daripada brand-brand yang sudah lama bermain di pasar. Brand-brand lokal tersebut seringkali tidak besar secara Offline (dalam hal ini store atau gerainya), namun bermain sangat masif di dunia maya. Mereka merangsek pasar online dengan sangat cepat, terutama produk-produk consumer goods seperti fashion, lifestyle, dan makanan. Hal ini sangat menarik untuk diamati sebab membuka celah pasar baru di dunia maya.

Local Brand berpromosi secara gencar melalui media sosial dan situs-situs yang sedang ‘in’ sehingga mampu menangkap pasar anak muda yang akrab dengan akses internet. Contohnya salah satu brand fashion lokal yang terkenal di kalangan anak muda adalah Erigostore, bisa dilihat di instagram @erigostore. Brand fashion lokal tampil dengan gaya yang berbeda dengan model fashion kebanyakan, dengan mengedepankan local content, Erigostore mampu menarik minat banyak anak muda dalam bidang fashion. Tercatat lebih dari 138 ribu followers di Instagram mereka, sehingga menjadi salah satu online store yang sukses mengembangkan bisnisnya.

Kemudian juga ada salah satu brand makanan lokal yang booming di Surabaya, yaitu La Reia Cake, instagram @lareiacake yang jumlah followersnya sudah mencapai 52,7 ribu orang. Dari sebuah online store, sekarang La Reia sudah memiliki Cafe di salah satu Mall di Surabaya. Beberapa Local Brand di atas dikemas dengan tampilan visual yang menarik dan tidak kalah dengan brand-brand luar yang memiliki tampilan desain dan identitas yang baik.

Desain yang matang dan konsisten adalah salah satu hal yang diperlukan oleh local brand sehingga dapat mengkomunikasikan brand yang mereka miliki menjadi menarik dan berbeda dengan brand-brand sejenis lainnya. Dengan adanya desain yang baik maka akan menimbulkan persepsi yang baik juga di masyarakat, terutama Netizen . Desain menjadi salah satu faktor yang penting dalam bisnis pada zaman ini sebab masyarakat sekarang lebih suka tampil modis dan menarik sehingga terlihat “Kekinian”.

Untuk artikel berikutnya, saya juga akan membahas The Rise of Local Brand : The Endorsement. Nantikan di Connect Newsletter berikutnya, maupun akses ke website saya: www.marudesign.net

Let your Brand Rise Up! (Maru).

Related Posts

No results found.

Menu