fbpx

HR Management System : penting untuk Startup Business atau Family Business ?

Artikel Bisnis

HR Management Systems penting untuk Startup maupun Family Busines, karena baik Startup Business maupun Family Business mengalami proses yang sama dalam menjalankan Perusahaan terkait pengelolaan Sumber Daya Manusia.

Target Perusahaan VS Karyawan

Perusahaan dapat membuat Target 5 tahun, 10 tahun ke depan, Perusahaan dapat menggunakan teknologi yang hebat, tetapi tetap semua itu akan selalu ada manusia yang harus mengerjakannya. Kinerja bisnis Anda bergantung pada orang-orang yang mengerjakan, SDM adalah penyumbang penting bagi Kinerja Unggul Perusahaan. Jadi , memaksimalkan pengelolaan Sistem Manajemen SDM akan membantu memaksimalkan Kinerja Perusahaan

Divisi SDM dapat dan harus menjadi mitra strategis dalam perusahaan, bukan hanya fungsi administratif. Banyak perusahaan gagal untuk menggunakan fungsi Divisi SDM  secara strategis, hanya menggunakan Divisi SDM berperan administratif dan / atau pengawas saja. Perusahaan-perusahaan ini akan kehilangan peluang yang berpotensi besar mampu untuk menciptakan nilai pada berbagai dimensi dalam perusahaan.

Peran Strategic Partner HR

Perusahaan yang mengalihkan SDM ke dalam peran yang lebih strategis dapat membantu memberikan jawaban pertanyaan-pertanyaan dibawah  ini :

  • Bagaimana Anda menjabarkan Target Perusahaan hingga dapat dikerjakan oleh Karyawan dan prestasi Karyawan menunjang Prestasi Perusahaan
  • Bagaimana Anda mampu membuat karyawan memahami dan melakukan pekerjaan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Perusahaan ?
  • Masalah rumit apa yang mungkin Anda temui dalam meninjau kinerja karyawan dan apa cara terbaik untuk menangani masalah ini?
  • Bagaimana Anda dapat membawa orang ke dalam bisnis dengan cara memastikan mereka dan perusahaan mendapatkan manfaat terbesar?
  • Bagaimana Anda mengidentifikasi kandidat terbaik untuk pekerjaan yang ada ?
  • Bagaimana Anda bisa memiliki karyawan yang sejalan dengan budaya dan nilai-nilai yang mendasari bisnis Anda ?
  • Bagaimana Anda menyampaikan daya Tarik Perusahaan Anda sebagai tempat yang diinginkan untuk bekerja ?
  • Bagaimana Anda dapat memilih dari orang yang diwawancarai yang berkualitas, masing-masing membawa berbagai pengalaman menarik ?
  • Bagaimana mengatasi ketidak sempurnaan Karyawan atau kekurangan Karyawan dalam meningkatkan kompetensinya
  • Bagaimana Anda mengembangkan dan mempromosikan kepemimpinan dalam keluarga sambil menjaga karyawan non-keluarga yang berpotensi besar tetap terlibat, termotivasi, dan berkomitmen untuk bisnis Anda?
  • Bagaimana Anda dapat mengelola dan mempertahankan karyawan — baik keluarga maupun non-keluarga — yang memiliki potensi besar dalam mengembangkan Perusahaan
  • Bagaimana Anda menetapkan kebijakan dan peraturan yang sepenuhnya dapat dipatuhi oleh Karyawan ?
  • Bagaimana Anda mengatasi karyawan bermasalah ?

Semua hal itu dapat dijawab jika Anda memposisikan HRD sebagai Strategic Partner dalam Bisnis Anda dan Anda mengelola bisnis Anda dengan memperhatikan pengelolaan Manajemen SDM – Grow Your Business through Best HR Management Systems – , tentu saja hal ini tidak

Jadi Peran pengelolaan Manajemen SDM yang baik , akan menentukan tingkat produktivitas Perusahaan dimana produktivitas karyawan itu sendiri merupakan kunci keberhasilan Perusahaan untuk bisa bersaing dan memenangkan persaingan.

Langkah apa saja yang dilakukan dalam membangun HR Management Systems yang berkualitas ?

Ada 3 layer besar yang harus dibangun :

  1. HR Supporting Process :
    • Membangun hal dasar terkait kebijakan, aturan dan kepatuhan terhadap peraturan perundang undangan yang berlaku
  2. HR Core Process :
    • Membangun sistem dari penetapan Target Perusahaan, penjabaran ke karyawan, pemilihan karyawan dalam menjalankan target kerja (karyawan baru ataupun lama), membangun budaya perusahaan melalui pembangunan Leadership yang berkualitas, pelatihan yang berkualitas terkait usaha membekali kompetensi karyawan dalam menjalankan target kerja.
  3. HR Continuous Improvement Process :
    • Melakukan pemantauan atas system yang sudah dibuat dan peningkatan terus menerus untuk perbaikan system maupun hasil kerja.

 

Ditulis oleh :

Suhartati, S. Psi, M.M, CCP

HR Consultant – Partner of Connectpedia

Related Posts

No results found.

Menu