fbpx

Game Changer in Franchise Business

Artikel Bisnis

Game Changer in Franchise Business

Yantje Wongso adalah Founder sekaligus CEO dari Franchise Biru, merupakan waralaba depo air minum isi ulang terbaik dan terbesar di Indonesia. Franchise Biru telah memperoleh tidak kurang dari 50 penghargaan dan sertifikasi dari dalam dan luar negeri. Selain itu, beliau juga aktif sebagai pembicara bisnis waralaba.

Franchise adalah format kerjasama usaha antara franchisor yang tunggal dengan banyak franchisee. Sebelum membangun usaha franchise, dibutuhkan perencanaan yang matang dan pembuktian keberhasilan usaha dalam berbagai situasi dan tantangan yang dialami saat pengembangan bisnisnya. Sebuah usaha franchise harus terbukti menguntungkan, dengan itu usaha franchise bisa disahkan pemerintah dalam bentuk pemberian ijin usaha franchise. Usaha franchise mempunyai tingkat resiko yang relatif rendah. Dalam prosesnya, franchisee mengajukan minat kepada franchisor untuk membuka usaha yang menggunakan format sistem dan merek yang sama di lokasi lain. Untuk mengembangkan usaha franchise berupa retail, dibutuhkan juga pemilihan lokasi yang baik sehingga dapat sukses. Franchisor, menurut Yantje, sebaiknya mempunyai tujuan yang mulia untuk berbagi kesuksesan kepada franchisee.

Dalam memilih usaha franchise, pebisnis sebaiknya menekuni bidang yang disukai dan yang sesuai dengan keahlian atau kemampuan. Hal ini akan lebih memudahkan dalam melalui berbagai tantangan dalam proses pengembangan usaha. Latar belakang dan pengalaman kerja juga bisa menjadi faktor penting dalam pengembangan usaha dan meningkatkan kapabilitas dalam menjalankan usaha. Passion atau kesenangan dalam berbisnis sangatlah penting, karena dari sana bisa muncul ide detail yang membedakan suatu bisnis dengan bisnis yang lain. Perbedaan detail atau diferensiasi dari bisnis dapat menjadi poin penting dalam pengembangan usaha. Menekuni usaha apapun termasuk franchise layaknya hobi bisa memacu inovasi dan semangat dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha. Kesenangan pada bidang usaha yang ditekuni juga dapat menghasilkan pemikiran yang independen atau orisinal. Sebuah usaha yang berhasil harus mempunyai kelebihan yang menjawab kebutuhan pasar, dan mempunyai alasan yang tepat untuk berbisnis dalam bidang tersebut.

Dalam proses pengembangan bisnis franchise sangat penting untuk mengembangkannya dengan cara yang berbeda dari cara orang lain, meskipun yang lain mempunyai jenis bisnis yang sama atau mirip. Pricing atau penentuan harga yang terjangkau merupakan salah satu faktor yang penting untuk menarik konsumen yang lebih pentingkan “value”, mementingkan kualitas sekaligus harga yang terbaik. Dalam teknik pricing, sebaiknya harga diminimalkan atau dihilangkan beberapa komponen harga yang bukan menjadi prioritas, seperti biaya delivery, biaya kemasan, dan lainnya. Dengan demikian harga dapat menjadi lebih terjangkau. Tentunya hal ini membutuhkan strategi yang tepat. Hal penting lainnya adalah bagaimana dapat menarik konsumen supaya mereka datang ke gerai/toko terutama di saat kondisi sulit seperti saat pandemi Covid-19. Faktor penting yang lainnya adalah kualitas produk yang terbaik dan terjaga. Teknologi juga sangat penting dalam proses produksi. Penerapan teknologi yang tepat bisa meningkatkan efisiensi biaya dan kualitas produk.

Dalam memilih bidang usaha, salah satu hal yang harus dipertimbangkan dengan matang adalah sasaran pasar yang dipilih. Bila memilih bidang usaha yang menjawab kebutuhan masyarakat luas, tentunya perusahaan harus memiliki “value” yang menawarkan produk berkualitas sekaligus harga yang terbaik. Cara mengkomunikasikan penawaran yang tepat juga menjadi faktor penting dalam menjangkau konsumen agar bisa menjadi pelanggan setia. Apa yang terutama dibutuhkan oleh masyarakat luas, harus dipelajari dengan cermat supaya tidak salah sasaran.

Seorang pengusaha sebaiknya memikirkan pengembangan usahanya secara jangka panjang dan terus memikirkan tentang masa depan usahanya. Di masa depan akan bisa terjadi perubahan keadaan dan penemuan inovasi dari pesaing. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengadakan riset usaha dan terus berinovasi untuk terus meningkatkan usaha.

Related Posts

No results found.

Menu