fbpx

BRAND STORY : MENJALIN HUBUNGAN DENGAN CUSTOMER

Artikel Bisnis

Apa yang Anda lakukan ketika pertama kali berkenalan dengan orang? Menanyakan nama? Tempat tinggal? Pekerjaan? Status perkawinan? Hobby? Menurut Anda, untuk apakah orang-orang selalu bertanya hal-hal tersebut pada saat pertama kali bertemu? Jawabannya adalah untuk mencari korelasi antara Anda dan orang yang Anda baru kenal, Anda berusaha untuk mencari hal yang dapat men–connect –kan antara Anda dan orang tersebut.

Cerita / story dapat membuat orang lain tertarik dan terus mau berhubungan dengannya, cerita membuat hubungan menjadi dekat dan luwes, itu adalah elemen dari Brand Story . Ketika berbicara mengenai suatu brand tertentu, maka akan lebih mudah lagi brand itu dikenali jika memiliki sebuah cerita yang nyata, unik, dan membuat orang tersebut ingat terhadap brand tersebut. Seringkali banyak perusahaan hanya berpikir untuk berjualan saja tanpa memikirkan relasi dengan customer-nya.

Sebuah Brand Story dapat menjadi sebuah pembeda yang kuat dengan kompetitor Anda. Dengan adanya perbedaan ini, brand Anda akan semakin kuat dan akan dikenal oleh masyarakat dengan baik. Lalu bagaimana cara membuatnya? Brand story bisa bersumber dari mana saja, baik itu sejarah perusahaan itu berdiri, visi misi perusahaan, tujuan perusahaan dibangun, mengapa ingin mengembangkan usaha ini, passion dalam diri, dan sebagainya. Bahan–bahan tersebut dapat menjadi senjata utama perusahaan dalam membuat suatu brand story yang baik. Salah satu kunci utama dalam membuat brand story adalah adanya karakter yang kuat dan cerita yang melibatkan perasaan emosional.

Contohnya adalah cerita dari produk mainan terkenal di dunia, yaitu Lego, dalam rangkaian ulang tahun ke 80, mereka membuat rangkaian cerita yang berbeda dengan menggunakan kekuatan viral dari social media mereka, yaitu dengan menggunakan video yang mereka upload di account youtube mereka, dan berhasil dishare oleh banyak orang untuk menjadi sebuah kisah inspirasi kisah sukses bagi masyarakat dan perusahaan. Video ini hingga saat ini sudah ditonton lebih dari 9,3 juta orang. Untuk melihat videonya, anda dapat membuka link berikut https://www. youtube.com/watch?v=NdDU_BBJW9Y .

Banyak cara untuk membangun sebuah brand story yang baik, yang paling utama adalah dengan cerita haruslah cerita yang nyata dan tidak dibuat-buat, sebab jika cerita yang dibuat tidak benar, maka akan membuat trust dari konsumen atau pelanggan Anda akan hilang. So, make your brand Story and your brand will shine. (MRV)

Related Posts

No results found.

Menu