fbpx

3 Elemen Penting Visual Brand

Kenapa Visual Brand itu Penting?

Apa yang seringkali kita lihat dari sebuah produk di pasaran? Langsung wujud nyata dari produknya? Atau kita melihat packaging-nya? Tagline-nya? Atau promonya ? ataukah konten di dalamnya? Jika kita lihat produk potato chips di bawah, kira-kira mana yang lebih menarik? Yang hanya ter-display di bagian kanan atau di kiri? Pastilah lebih menarik dan lebih terpercaya di bagian kiri. Disinilah peran Visual Brand itu penting.

visual brand visual brand

Mengapa? Visual Brand identity merupakan salah satu cara agar produk yang kita dapat tertancap di pikiran dan mudah diingat oleh konsumen kita. Pemberian nama dan identitas ini sangatlah penting sebab menyangkut banyak aspek yang ada di dalam produknya, entah ingin menonjolkan nuansa tertentu, , atau menonjolkan bentukan tertentu agar berbeda dengan pesaingnya. Pemberian ciri khas juga dapat memunculkan value tertentu yang dimiliki oleh produk. Visual brand Identity bukan hanya sebatas logo saja, namun sebuah esensi dasar yang membedakan dari para pesaing, memberikan setiap pengalaman yang berbeda pada setiap touch point pelanggan sehingga mampu menonjolkan identitas yang jelas.

BUILDING A BRAND IDENTITY

Beberapa Brand telah meningkatkan brand identity mereka menuju kearah yang lebih seni (seperti Apple, Lego, atau Levi’s), sementara yang lain ada masuk kearah area bermain (seperti Snapchat, Gojek, dll.) Apapun Organisasimu, Brand Identity-mu haruslah menjadi yang terdepan.

Membangun sebuah brand identity bukanlah tugas yang mudah. Anda harus memiliki fondasi yang solid namun juga fleksible, sebuah identitas haruslah berakar dari bawah dan terus berwawasan ke masa depan. Ini adalah sebuah proses yang panjang karena membutuhkan pemikiran yang dalam dan visi yang bagus ke depannya., namun hasilnya setelah melewati proses ini sangatlah baik. Sebab seringkali bisnis yang telah memiliki brand identity yang jelas, mampu menghasilkan arahan bisnis yang lebih jelas dan terukur.

Untuk lebih mudahnya mengetahui prosesnya, kita membagikan pendekatan kreatif kami untuk membangun sebuah brand identity kepada kalian, terutama element visualnya.

WHAT IS A BRAND IDENTITY?

Logo? Warna? Infographic style? Bukan, Brand Identity adalah keseluruhan image yang membentuk persepsi yang brand itu ingin tonjolkan di masyarakat. Beberapa brand Identity terikat dengan elemen praktis seperti design, packaging, dll. Namun juga beberapa identitas sampai ke indra sensori kita seperti suara, rasa, perasaan, bau, dll. Untuk kali ini, kita lebih berfokus kepada Brand visual element identity, yang didalamnya termasuk :

  • Logo
  • Palet Warna
  • Typography
  • Iconography
  • Design system
  • Photography/graphics style

KEYS TO A GOOD BRAND IDENTITY

Sebuah logo atau warna sendiri tidak membuat brand identity, sebuah identitas yang baik harus memiliki elemen :

  1. Distinct : Harus stand out dari pada competitor dan mendapat perhatian dari konsumen.
  2. Memorable : Memiliki dampak visual yang jelas (contoh Apple)
  3. Flexible : dapat berkembang dan berevolusi
  4. Cohesive : Setiap elemen visual saling melengkapi Brand identity
  5. Easy To Apply : Mudah dipahami dan dimengerti oleh designer.

Baca juga artikel lain mengenai brand di artikel ini.

Related Posts

No results found.

Menu